Selasa, 19 November 2013

Indikator PHBS Rumah Tangga

1. Pertolongan persalinan oleh tenaga kesehatan (Linakes)

adalah persalinan balita termuda ditolong oleh dokter/bidan.
2. ASI Eksklusif
adalah bayi yg mendapat ASI saja sejak lahir sampai usia 6 bulan (tidak diberi makanan tambahan kecuali obat).
3. Penimbangan bayi dan balita
adalah menimbang bayi dan balita mulai umur 0 sampai 59 bulan setiap bulan dan dicatat dalam Kartu Menuju Sehat (KMS) berturut-turut dalam 3 bulan terakhir.
4. Ketersediaan Air bersih
adalah rumah tangga yang memiliki dan menggunakan air bersih untuk kebutuhan sehari-hari yang berasal dari air sumur terlindung, air pompa, mata air terlindung, penampungan air hujan, air leding, dan air dalam kemasan. Sumber air pompa, sumur, mata air terlindung berjarak minimal 10 meter dari tempat penampungan kotoran atau limbah/WC.
5. Cuci tangan pakai sabun
adalah adalah anggota rumah tangga selalu mencuci tangan sebelum makan, sebelum merawat anak, sebelum memasak dan sesudah buang air besar dengan memakai sabun serta air bersih yang mengalir
6. Ketersediaan Jamban sehat
adalah rumah tangga yang memiliki dan menggunakan jamban/WC/cubluk/kakus leher angsa dengan tangki septik atau lubang penampungan kotoran sebagai pembuangan akhir.
7. Bebas jentik
adalah rumah tangga yang tidak ditemukan jentik nyamuk pada tempat-tempat penampungan air, bak mandi, gentong air, vas bunga, pot bunga/alas pot bunga, wadah pembuangan dispenser, wadah pembuangan air kulkas, dan barang-barang bekas yg bisa menampung air.

8. Makan sayur dan buah / makan beraneka ragam setiap hari 

adalah anggota rumah tangga berumur 10 tahun ke atas mengkonsumsi sayuran dan buah / makanan beraneka ragam setiap hari minimal dalam 1 minggu terakhir.

9. Melakukan aktivitas fisik/olahraga setiap hari

adalah anggota keluarga yang berumur 10 tahun ke atas dalam 1 minggu terakhir melakukan aktivitas fisik/olahraga (jalan/lari, senam dan lain-lain) minimal 30 menit setiap hari.

10. Tidak merokok di dalam rumah 

adalah anggota rumah tangga yang berumur 10 tahun ke atas tidak merokok di dalam rumah minimal selama 1 bulan terakhir.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar